Pengembangan SID Oleh Pemerintah Kabupaten Melalui Puspindes

PUSPINDES Bekerjasama dengan Relawan TIK Kabupaten Pemalang terus melakukan pembangunan dan pengembangan aplikasi Sistem Informasi Desa yang dibutuhkan oleh desa-desa di wilayah Kabupaten Pemalang yaitu dengan membangun dan mengembangkan aplikasi SIDEKEM ( Sistem Informasi Desa dan Kawasan Pemalang ). Aplikasi yang dibuat dalam bentuk aplikasi Dekstop ini dibangun secara open source dengan menggunakan Pemrograman Python dan database menggunakan SQlite.

Saat ini penambahan beberapa fitur terus dilakukan dalam aplikasi SIDEKEM , diantaranya adalah fitur Komunikasi dan Remote Website Desa . Selain itu Aplikasi SIDEKEM akan diintegrasikan secara langsung dengan Aplikasi Layanan Desktop Perdesaan yang nantinya proses partisipatif warga didalam menyampaikan Informasi data yang dimiliki baik data penduduk maupun data lainnya dapat dilakukan secara mandiri melalui aplikasi tersebut.

Pada bagian aplikasi SIDEKEM yang terpenting adalah sistem Push Data Penduduk dan Keuangan yang nantinya secara otomatis data yang berada pada sistem SIDEKEM akan tersedia secara publik pada Website Desa . Selain itu seluruh data ini pun akan terkumpul pada pusat data sebagai satu komitmen Open Data Kabupaten Pemalang terutama dalam hal Open Data Desa.

Aplikasi iniĀ  bekerja secara online namun berbentuk Desktop bukan berbentuk webbased yang biasanya dikembangkan oleh Sistem Informasi Desa lainnya. Dengan menggunakan pemrograman Open Source yaitu Python maka aplikasi ini dapat bekerja secara Multi Platform OS , bahkan dapat bekerja pada Komputer Mini seperti Raspberry PI.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *