Fungsi Menghitung Umur Excel

Melakukan perhitungan selisih dari satu tanggal ke tanggal lainnya secara lengkap dari tahun, bulan dan hari seringkali digunakan oleh pengguna Ms. Excel. Seperti contoh pada kasus melakukan penghitungan lama bekerja pegawai pada suatu perusahaan atau penghitungan umur siswa pada suatu sekolah secara lengkap. Misalnya siswa bernama Muhammad Irfan Lahir tanggal  08/08/2000, lalu carilah berapa tahun, bulan, hari umur Muhammad Irfan pada tanggal hari ini (27/4/2016). Persoalan-persoalan seperti ini sering kita jumpai dalam melakukan perhitungan microsoft excel. Microsoft Excel sebenarnya menyediakan fungsi menghitung umur atau penghitungan perbedaan dua tanggal yaitu fungsi DATEDIF.

Fungsi DateDif Pada Microsoft Excel.

Seperti yang telah dikatakan di atas, Microsoft Excel telah memberikan fasilitas fungsi untuk menghitung perbedaan jarak antara dua tanggal yaitu Datedif.

Syntax Datedif = DATEDIF(start_date, end_date, unit)

Keterangan

  • Start_date  : yaitu nilai tanggal dimulai atau tanggal awal yang akan dihitung. Dalam contoh kasus ini bisa tanggal lahir siswa atau tanggal pegawai masuk kerja jika ingin menghitung lama kerja pegawai pada sebuah instansi atau perusahaan.
  • end_date  : yaitu nilai tanggal akhir atau batas tanggal yang akan dihitung. Dalam contoh kasus di atas bisa tanggal sekarang.
  • unit : merupakan parameter dalam menentukan jenis perhitungan. Berikut ini parameter unit yang digunakan dalam fungsi datedif :

Untuk menggunakan fungsi excel datedif akan kita bahas di kemudian hari, atau anda bisa mencoba untuk melakukannya sendiri dengan pedoman penulisan di atas. Saat ini kita akan membahas cara membuat fungsi menghitung umur dengan macro excel. (tutorialmicrosoftexcel.net)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *